Web adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet.
Sebenarnya antara www (world wide web) dan web adalah sama karena kebanyakan
orang menyingkat www menjadi web saja. Web merupakan hal yang tidak dapat
dipisahkan dari dunia internet. Melalui web, setiap pemakai internet bisa
mengakses informasi-informasi di situs web yang tidak hanya berupa teks, tetapi
juga dapat berupa gambar, suara, film, animasi, dll. Sebenarnya, web merupakan
kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang
berada di seluruh penjuru dunia dan trehubung menjadi satu jaringan melalui
jaringan yang disebut internet.
SEJARAH WORLD WIDE WEB ( WWW )
Pada tahun
1980, Tim Bernes-Lee , kontraktor independen di Organisasi Eropa
untuk Riset Nuklir (CERN), Swiss , dibangun Enquire ,
sebagai database pribadi orang dan model perangkat lunak, tetapi juga sebagai
cara untuk bermain dengan hypertext
;
setiap halaman baru informasi dalam Enquire harus terhubung dengan halaman yang
ada.
Pada tahun
1984 Berners-Lee kembali ke CERN, dan dianggap permasalahannya presentasi
informasi: fisikawan dari seluruh dunia diperlukan untuk berbagi data, dan
tanpa mesin umum dan tidak ada perangkat lunak presentasi umum. Dia
menulis sebuah proposal Maret 1989 untuk "database hypertext besar dengan
link diketik", tapi itu dihasilkan bunga kecil. Bosnya, Mike Sendall, mendorong Berners-Lee untuk
mulai menerapkan sistemnya pada suatu yang baru
diperoleh NeXT workstation. Ia menilai beberapa nama,
termasuk Mesh Informasi, Tambang Informasi (ditolak
karena abbreviates ke TIM, pencipta nama WWW) atau Tambang Informasi (ditolak
karena abbreviates untuk MOI yang "Me" dalam bahasa Perancis), tetapi
menetap di World Wide Web.
a. MiMAX, Hypertext,
Internet, Usenet, FTP, Gooper.
Memory Extender (MEMEX)
Memory Extender merupakan sebuah mesin
mekanis yang berfungsi sebagai piranti penyimpanan dan pengambilan informasi.
Memex memanfaatkan teknologi microfilm sebagai media penyimpanan. Secara fisik
Memex dideskripsikan terdiri atas sebuah meja yang dilengkapi dengan layar,
keyboard, tombol dan pengungkit (lever) serta tempat penyimpanan microfilm.
Informasi yang tersimpan dalam microfilm dapat diakses dengan cepat dan
ditampilkan melalui layar yang disediakan. Sebagaimana otak manusia membentuk
memori melalui asosiasi neuron, pengguna dapat menghubungkan dokumen-dokumen
yang tersimpan pada Memex.
HyperText
Hypertext adalah suatu paradigma ( cara atau pola )
antarmuka untuk menampilkan dokemen, yaitu dapat bercabang ke dokumen lain,
menurut definisi awal hypertext berarti “ branch or perform on request”
yang artinya bercabang atau melaksanakan saat diminta. Yang paling banyak
digunakan dalam dunia komputer adalah penelusuran antar dokumen yang disebut
hyperlink.
Markup language merupakan kombinasi antara text dan
informasi tambahan mengenai text. Informasi tambahan tersebut, misalnya
struktur teks atau bentuk tampilan yangt diekspresikan dalam bentuk markup
(tanda) yang menyatu dengan text utama. Markup language paling modern yang
digunakan saat ini adalah HTML ( hypertext markup language ) yang merupakan
salah satu basis dari World Wide Web.
Hypertext Markup Language adalah markup language yang
dirancang untuk pembuatan halaman web yang mengandung hypertext dan informasi
lain yang akan ditayangkan oleh browser. HTML digunakan untuk membuat informasi
terstruktur, mudah dipahami. Pada prinsipnya HTML merupakan standart bahasa
yang digunakan untuk mengatur format tampilan document web, menambahkan
object-object seperti image, audio, video dan juga java applet dalam dokumen
HTML, mendukung hyperlink antar dokumen. Dokumen HTML dapat diakses oleh
browser berdasarkan urlnya, yaitu sebuah spesifikasi standar untuk menunjukan
lokasi suatu resource diinternet yang disebutkan pada browser.
Internet
Internet sudah dikelal luas oleh seluruh kalangan di berbagai Negara. Bagaimana tidak? Hampir setiap aktifitas selalu membutuhkan yang namanya internet. Baik untuk keperluan kerja ataupun untuk sekedar mencari hiburan dengan menonton youtube atau bermain game secara online. Pengertian internet sendiri adalah sekumpulan jaringan atau rangkaian komputer yang jangkauannya mencakup seluruh dunia.
Internet sudah dikelal luas oleh seluruh kalangan di berbagai Negara. Bagaimana tidak? Hampir setiap aktifitas selalu membutuhkan yang namanya internet. Baik untuk keperluan kerja ataupun untuk sekedar mencari hiburan dengan menonton youtube atau bermain game secara online. Pengertian internet sendiri adalah sekumpulan jaringan atau rangkaian komputer yang jangkauannya mencakup seluruh dunia.
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika
Departemen Pertahanan Amerika, U. S. Defense Advanced Research Projects Agency
(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya
menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organik. Program
riset ini dikenal dengan nama ARPANET.
Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer
yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling
berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil
menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET.
Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun
yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambing penting yang menunjukkan
"at" atau "pada".
Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET
mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di
London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota
jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton
Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang
menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama
kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal
26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals
and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100
komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada
1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups
pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan
dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon
sambil berhubungan dengan video link. Karena komputer yang membentuk jaringan
semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui
oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol
atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di
Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang
menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark
dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan
komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang
kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung
dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah
komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000
lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland
menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun
kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali
lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah
jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners
Lee menemukan program editor dan browser yang bias menjelajah antara satu
komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah
yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling
tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun
yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah
tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping
atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama
Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Usenet
Usenet merupakan singkatan dari User Network
yang merupakan sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem
ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama.
Mahasiswa pascasarjana Universitas Duke
bernama Tom Truscott dan Jim Ellis mencetuskan idenya pada tahun 1979 untuk
selanjutnya membangun sistem ini pada tahun 1980. Pengguna membaca dan mengirim
pesan umum (disebut artikel atau posting, dan secara kolektif disebut berita)
ke satu kategori atau lebih yang disebut newsgroup. Usenet menyerupai Bulletin Board
System (BBS) dalam banyak hal, dan merupakan awal dari berbagai forum Internet
yang banyak digunakan saat ini, secara kasar dapat dianggap sebagai hibrida
antara surat elektronik dan forum web.
File Transfer Protocol (FTP)
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal
dikembangkan. FTP dimulai dari tahun 1971 ketika itu sistem file transfer
(dijelaskan dalam RFC141) dikembangkan antar mesin di MIT (Massachusetts
Institute of Technology). File Transfer Protokol (FTP) adalah suatu protokol
yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang mensupport
TCP/IP protokol. Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP
Client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar
file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP
client. FTP client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk
tujuan tukar menukar file (mengupload atau mendownload file).
FTP ini paling sering digunakan untuk men-download file
dari sebuah server menggunakan Internet atau untuk meng-upload file ke server
(misalnya, meng-upload file halaman Web untuk server). Protokol FTP saat ini
didefinisikan oleh RFC 959 (File Transfer Protocol (FTP).
Gopher
Gopher diciptakan pada tahun 1991 oleh Mark Mccahill di
Universitas Minnesota. Karena berbentuk file teks, hampir semua situs gopher
menjadi website setelah terciptanya World Wide Web.
Gopher adalah program berbasis teks yang digunakan untuk
mem-browser daftar menu Internet pada berbagai server gopher. Situs Gopher
adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi
yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini merupakan daftar isi untuk
mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP
untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
Gopher yang memiliki sistem berbasis menu paling dasar ini
menyediakan konektifitas yang saling berhubungan antara file-file pada
komputer-komputer Internet. File-file ini nampak seperti direktori berseri di
seputar menu Gopher yang sebenarnya file-file tersebut berlokasi di komputer
lain. Gopher menyediakan akses ke dokumen teks, Grafik dan suara digital
hanya dapat dimasukkan dalam kumpulan sebuah dokumen, yang harus didownload ke
komputer lokal, dan baru kemudian dapat dilihat dengan program
lain. Gopher juga memungkinkan akses ke beberapa fasilitas lain yang ada
diinternet seperti Telnet untuk melakukan hubungan komunikasi jarak jauh.
Manfaat Aplikasi Gopher ini adalah user tidak perlu
mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang akan di akses. Gopher sendiri
merupakan sistem yang memungkinkan para pengguna internet dapat mengakses
berbagai situs. Selain itu Gopher yang merupakan sistem dengan otomatisasi
dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan hirarki.
b. Jenis2 Web Versi I II
III
1. Web 1.0
Web 1.0 merupakan teknologi awal dari sebuah website,
teknologi ini masih statis dimana antara pembuat website dan penikmat website
hanya tejadi komunikasi 1 arah dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan
penikmat hanya sebagai pembaca. Web 1.0 dikembangkan untuk pengaksesan
informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.Secara garis besar, sifat
Web 1.0 adalah Read-Only.
Bahasa yang digunakan pada Web 1.0 menggunakan bahasa HTML.
Ciri-ciri web 1.0 yaitu :
·
Halaman statis
·
Penggunaan framesets
·
Online guestbook
·
Form HTML hanya bisa dikirim melalui email
·
Terdapat tombol GIV , berukuran 88x31 pixel.
2. Web 2.0
Web 2.0 merupakan dari perkembangan dari web 1.0. pada web
2.0 content di dalam web tersebut tidak hanya dipegang oleh administrator ,
namun pengunjung web dapat memberi comment, polling, foto dan lain sebagainya
pada web tersebut. Generasi Web 2.0 saat ini termasuk popular di kalangan
pengguna Internet karena bersifat lebih fleksibel dibandingkan dengan generasi
web 1.0. Jadi lebih mudah menggunakannya sehingga kita juga bisa mengisi suatu
content pada web tersebut.
Menurut O’Reilly media, ada beberapa karakteristik dari web
2.0, yaitu The Web as Platform. Website dalam aplikasi Web 2.0 kini
adalah platform. Jadi kita dapat mengerjakan semuanya dengan menggunakan media
internet, biasanya kita menggunkan media deskstop untuk mengerjakan penulisan,
penghitungan maupun presntasi namun kita dapat langsung mengrjaaknnya melalui
internet jadi tidak usah lewat windows lagi, bisa langsung dipkai tanpa harus
lama menginstall.
Perbedaan utama Web 2.0 dan Web 1.0 adalah keterbatasan
pada Web 1.0 yang mengharuskan pengguna atau pemakai hanya dapat melihat satu
persatu konten di dalamnya. Sedangkan Web 2.0 memungkinkan pengguna internet
dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang
bersangkutan. Kemampuan web 2.0 dalam melakukan aktivitas drag and drop, auto
complete, chat, voice dapat dilakukan layaknya aplikasi desktop. Contoh
generasi web 2.0 adalah youtube, google.
Ciri-ciri web 2.0, yaitu :
·
Web sebagai platform
·
Web menyediakan suatu wadah pengetahuan
·
Aplikasi web ini akan terupdate secara terus menerus
·
Model pemrogramannya ringan.
3. Web 3.0
Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet
berbasis web. Web 3.0 merupakan pengembangan dari website di mana content web
tidak hanya dalam format bahasa manusia yang umum , tetapi juga dalam format
yang dapat dibaca oleh bahasa mesin . Web ini masih dalam tahap pengembangan.
Akan tetapi, banyak yang memperkirakan web ini akan berkembang pesat pada tahun
2010-2020.
Konsep Web 3.0 itu sendiri pertama kali diperkenalkan pada
tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel
ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk
membaca halaman-halaman Web. Saat menginginkan sebuah kata, kita dapat
mencarinya dengan search engine seperti Google. Maka fungsi web menjadi wadah
untuk pertukaran data, informasi, dan pengetahuan yang dapat menghasilkan
kecerdasan buatan yang dapat mengerti keinginan penggunanya, dengan menggunakan
web 3.0 kita juga diberikan keleluasaan untuk dapat melakukan modifikasi pada
website itu sendiri. Oleh Karena itu web 3.0 tidak hanya memberikan keleluasaan
bagi kita untuk sharing atau memberi comment pada web, namun dengan tambahan
bahasa mesin yang terintegrasi pada web dapat memungkinkan bagi mesin untuk
memenuhi keinginan kita dan juga kita diberi keleluasaan untuk memodifikasi
website.
Kelebihan dari Web 3.0 adalah kita dapat berkomunikasi
dengan mesin pencari. Atau dapat dikatakan terdapat pertukaran data antar
manusia dengan mesin, mesin dengan mesin dan antar manusia yang telah
disempurnakan. Kita dapat meminta Web untuk mencari suatu data spesifik tanpa
bersusah payah mencari satu per satu dalam situs-situs Web. Pada Web 3.0
ditawarkan metode yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan
menarik kesimpulan dari data online. Web 3.0 juga memungkinkan fitur Web
menjadi sebuah sarana penyimpanan data dengan kapasitas yang luar biasa besar.
Web 3.0 terdiri dari :
1. Web semantik
2. Format mikro
3. Pencarian dalam bahasa pengguna
4. Penyimpanan data dalam jumlah besar
5. Pembelajaran lewat mesin
6. Agen rekomendasi, yang merujuk pada kecerdasan buatan
Web
c. Pertumbuhan Sosial &
Ekonomi
Dengan berkembangnya teknologi secara pesat juga
berpengaruh pada pertumbuhan kehidupan sosial dan ekonomi. Adapun dampak yang
ditimbulkan dari pesatnya perkembangan teknologi adalah sebagai berikut :
Efek Positif
·
Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar
porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia
pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah
perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol
·
Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di
negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan
ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu
bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan
bangsa-bangsa Asia
·
Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan
sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun
dan pekerja keras
·
Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
·
Terjadinya industrialisasi
·
Produktifitas dunia industri semakin meningkat
·
Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja
untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan
perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja
dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan
jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat.
Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan
tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan
tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
Efek Negatif
·
Melemahkan rasa gotong royong dan tolong menolong
sebagaimana ini menjadi ciri khas masyarakat Indonesia
·
Berkurangnya sosialisasi karena kurang proses tatap muka
atau face to face karena pesatnya perkembangan alat komunikasi, hal ini dapat
menyebabkan komunikasi menjadi hampa
·
Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang
berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai
pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan
perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria
semakin menonjol
·
Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak
mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
·
Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada
era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami
kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental instant
·
Kemajuan TIK juga pasti akan semakin memperparah kesenjangan
sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin
·
Pencurian uang di Bank melalui internet, dan biasanya orang
yang ahli di bidang itu disebut Hacker. Perbuatan kriminal tersebut sulit untuk
di deteksi karena mereka menggunakan taktik sendiri dan kode-kode tertentu
dalam pelaksanaan misi mereka. Dan itu semua tidak dapat diketahui pihak lain.
Pembobolan Bank ini dapt merugikan negara karena jumlah yang diraut bukan hanya
jutaan rupiah, melainkan trillyun rupiah
·
Adanya aksi tipu menipu dalam proses jual beli online yang
dapat merugikan beberapa pihak
·
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara
belanja dengan menggunakan kartu kredit adalah cara yang paling banyak
digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak
melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat
mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan kartu kredit) online dan
mencatat kode kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data
yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
d. Web Sains
& Metodologi Web Sains
Web Science
Web Science juga berarti cara-cara atau metode-metode yang
digunakan dalam membuat website yang baik atau dengan kata lain bias di bilang
Web Science adalah ilmu pengetahuan yang sudah dilakukan penelitian dari Web
yang muncul melalui desentralisasi sistem Informasi. Dalam hal ini
membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus pada pengembangan terhadap
kebutuhan komunikasi dan representasi. Sangat disadari bahwa World Wide Web
atau yang sering disingkat (www) adalah teknologi yang baru berusia beberapa
tahun. Asal-usul dari Web science dapat ditemukan dalam Penelitian Ilmu Web
Science Research Initiative (WSRI) yang didirikan pada tahun 2006 yang kemudian
mengubah namanya pada tahun 2009 menjadi Web Science Trust.
Proses dari web science sendiri terdapat beberapa tahapan,
seperti yang dipaparkan didalam presentasi Tim Berners-Lee, berawal dari isu
yang beredar atau masalah yang timbul di kalangan masyarakat sehingga dapat
memunculkan berbagai ide manusia yang tentunya dapat memberikan manfaat bagi
masyarakat social. Ide yang didapat kemudian dapat direalisasikan dalam bentuk
teknologi yang kita ciptakan atau dengan mengembangkan teknologi yang sudah ada
sebelumnya.
Setelah ide terealisasi, tentunya teknologi tersebut akan
menimbulkat dampak atau efek mikro dan makro yang pada akhirnya akan membawa
kita pada isu atau masalah baru. Dalam presentasinya, Tim Berners-Lee
memberikan beberapa contoh yaitu proses terciptanya email dan blog.
Misalnya pada proses terciptanya sebuah email, berawal dari
kebutuhan seseorang untuk berkomunikasi lebih lagi(Issues), dan dengan melihat
kebutuhan serta keadaan yang ada dimana manusia memiliki masalah dengan jarak
dan waktu untuk berkomunikasi, maka muncullah ide untuk membuat sebuah pesan
yang dapat dikirim melalui internet (Idea), setelah itu dengan mengembangkan
teknologi yang ada, terciptalah email yang menimbulkan dampak makro berupainterconnected
academia yang menyebabkan timbulnya masalah atau issues baru.
Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web
telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana
keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan
pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial
secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan
pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web
dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan
riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan
perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang
mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi
probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan
yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.